Monday 28 October 2013

Bahasa Melayu di Angkat Menjadi Bahasa Indonesia



Bahasa adalah alat komunikasi lingual manusia, baik secara lisan maupun tertulis. Bahasa juga merupakan salah satu faktor pendukung kemajuan suatu bangsa karena bahasa merupakan sarana untuk membuka wawasan bangsa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang. Dengan kata lain, bahasa merupakan sarana untuk menyerap dan mengembangkan pengetahuan. Selain itu, bahasa mempunyai fungsi-fungsi tertentu yang digunakan berdasarkan kebutuhan seseorang, karena dengan menggunakan bahasa seseorang juga dapat mengekspresikan dirinya dan  fungsi bahasa sangat beragam. Bahasa digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, selain itu bahasa juga digunakan sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan beradaptasi sosial dalam lingkungan atau situasi tertentu dan sebagai alat untuk melakukan kontrol sosial.
Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, bahasa memang sangat penting digunakan, karena bahasa merupakan simbol yang dihasilkan menjadi alat ucap yang digunakan oleh sesama masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari dan semua aktifitas yang kita lakukan menggunakan bahasa, baik menggunakan bahasa secara lisan maupun secara tulisan dan bahasa tubuh.


Apa itu bahasa melayu ? sejak kapan bahasa melayu mulai dipergunakan ? Bahasa Melayu merupakan bahasa yang digunakan pada jaman dahulu oleh pedagang pedagang untuk melakukan transaksi. Bahasa melayu bisa disebut sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau juga bahasa pergaulan. Penyebaran dari penggunaan Bahasa Melayu tidak hanya dari segi ekonomi tetapi juga segi pendidikan dimana dulu bahasa yang banyak digunakan sebagai bahasa pengantarnya adalah Bahasa Melayu.
Dunia pers pun turut andil dalam menyebarkan Bahasa Melayu dikalangan masyarakat Indonesia ini terbukti dengan beredarnya surat kabar berbahasa Melayu pada zaman baik sesudah kemerdekaan maupun sebelum kemerdekaan,seperti Medan Priyai (1907-1912), Sarotama (1914), Indonesia Merdeka (1923), Bataviaasch Genootschap, dan lain-lain (A. Surjamihardjo, 1979). Namun terdapat banyak kasus Persedelict, yaitu dimana larangan terbit bagi brosur dan pers yang berbahasa daerah. Suatu contoh terbitnya artikel yang berjudul Als ik eens Nederlander was, dan dalam bahasa Melayu, Jikalau saya sorang Belanda, pada tahun1913 dilarang untuk diterbitkan. Artikel ini menceriterakan pengecaman terhadap perayaan seratus tahun kemerdekaan Belanda yang akan di selenggarakan di Indonesia. Bahasa melayu tidak hanya digunakan pada kawasan nusantara, tetapi juga di daerah Asia Tenggara, hal ini dibuktikan dengan peninggalan prasasti kerajaan kuno yang ditulis menggunakan bahasa melayu. Bahasa
melayu juga merupakan bahasa yang sangat sederhana yang tidak memiliki tingkatan tingkatan seperti bahasa Jawa dan Sunda. Komunikatif dalam perdagangan dan pelayanan di pelabuhan Indonesia serta juga dari luar Kepulauan Indonesia sendiri.
 Ejaan resmi Bahasa Melayu pertama kali disusun oleh Ch. A. Van Ophuijsen yang dibantu oleh Moehammad Taib Soetan Ibrahim dan Nawawi Soetan Ma’moer dan dimuat dalam kitab Logat Melayu pada tahun 1801. Seiring dengan berjalannhya waktu, pertama kalinya dalam rapat dewan rakyat Jahja Datoek Kayo menggunakan Bahasa Indonesia dalam pidatonya yaitu pada tanggal 16 Juni 1927. Dari sinilah bahasa indonesia mulai berkembang, mulai dari ditetapkannya Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan pada tanggal 28 Oktober 1928, dan didirikannya pujangga baru oleh sastrawan muda Indonesia yang di ketuai oleh Sutan Takdir Alisyahbana. Beliau juga menyusun tata bahasa baru Bahasa Indonesia pada tahun 1936. Setelah itu diadakannya Kongres pertama Bahasa Indonesia di Solo dari tanggal 25 hingga 28 Juni 1938 yang menghasilkan bahwa bahwa usaha pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia telah dilakukan secara sadar oleh cendekiawan dan budayawan Indonesia saat itu. Dan sehari setelah Indonesia merdeka, ditandatanganilah Undang Undang Dasar 1945 yang didalamnya terdapat Bahasa Indonesia merupakan Bahasa Negara pada pasal 36
Pada tanggal 19 Maret 1947, disusunlah ejaan pertama bahasa Indonesia yaitu ejaan republik (ejaan Soewandi) menggantikan ejaan sebelumnya yang di susun oleh Ch. A. Van Ophuijsen. Setelah sekian lamanya ejaan Republik digunakan, Presiden Soeharto meresmikan ejaan terbaru yaitu EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) melalui pidato kenegaraan di hadapan DPR. Tanggal 31 Agustus 1972 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah resmi berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Pada kongres kelima Bahasa Indonesia di Jakarta yaitu selama 28 Oktober hingga 3 November 1988. Kongres ini dihadiri oleh kira-kira tujuh ratus pakar bahasa Indonesia dari seluruh Indonesia dan peserta tamu dari negara sahabat seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Belanda, Jerman, dan Australia. Kongres itu ditandatangani dengan dipersembahkannya karya besar Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa kepada pencinta bahasa di Nusantara, yakni Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Tata Bahasa Baku  Bahasa Indonesia.
Pada kongres keenam Bahasa Indonesia yang dihadiri oleh banyak pakar bahasa dari seluruh kawasan wilayah Indonesia dan juga para tamu undangan yang datang dari luar Indonesia mengusulkan agar Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa ditingkatkan statusnya menjadi Lembaga Bahasa Indonesia. Dan kongres ketujuh Bahasa Indonesia yaitu di selenggarakan pada mulai tanggal 26-30 Oktober 1998 di Hotel Indonesia, Jakarta. Kongres itu mengusulkan dibentuknya Badan Pertimbangan Bahasa.


Jadi, ada beberapa faktor yang menyebabkan Bahasa Melayu diangkat menjadi Bahasa Indonesia yaitu :
1.      Bahasa Melayu sudah menjadi bahasa perantara (lingua franca) dalam perdagangan dan pelayanan di pelabuhan wilayah Kepulauan Indonesia, serta komunikatif dalam bahasa pergaulan.
2.      Bahasa Melayu tidak mempunyai tingkatan tingkatan bahasa seperti yang dimiliki oleh bahasa lain, contoh Bahasa Jawa.
3.      Bahasa Melayu telah diterima secara ikhlas oleh suku suku di wilayah Kepulauan Indonesia, seperti Suku Jawa, dan Suku Sunda sebagai bahasa Nasional.
4.      Bahasa Melayu mempunya kesanggupan untuk dipakai sebagai bahasa kebudayaan dalam arti yang luas.

3 comments:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete
  3. NIKMATI BERBAGAI MACAM PERMAINAN DALAM 1 USER ID HANYA DI POKERVITA. 8 PERMAINAN DISAJIKAN KEPADA ANDA SEMUA HANYA DENGAN MINIMAL DEPOSIT CUKUP 10RB SAJA. BONUS CASHBACK SETIAP HARINYA KEPADA MEMBER SETIA P`0`K`E`R`V`1`T`A

    ReplyDelete